kkm

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JOGOROTO

Sebelum kami informasikan tentang Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang berlaku di SMP Negeri 1 Jogoroto, maka terlebih dahulu mengenal tentang ketuntasan belajar.
Ketuntasan belajar didasarkan pada beberapa pertimbangan, di antaranya input peserta didik, tingkat esensial dari masing-masing KD/Mata Pelajaran, kemampuan daya dukung dan kompleksitas tiap-tiap mata pelajaran. Ketuntasan belajar lebih lanjut akan disusun oleh masing-masing guru mata pelajaran dan masing-masing tingkat kelas.
Selanjutnya peserta didik yang belum dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan, harus mengikuti program perbaikan (remidial) sampai mencapai ketuntasan belajar minimal yang dipersyaratkan. Sedangkan peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar minimal dapat mengikuti program pengayaan (Enrichment)
Kriteria Ketuntasan Minimal setiap indikator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 -100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%.
SMP Negeri 1 Jogoroto menentukan kriteria ketuntasan minimal sebagai target pencapaian kompetensi (TPK) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas materi, serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Sekolah secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan kriteria ketuntasan belajar untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, harus mengikuti remidi maksimal 3 kali, apabila sudah mengikuti remidi 3 kali dan nilainya belum mencapai KKM, maka nilai yang ditulis adalah nilai tertinggi yang diperoleh peserta didik tersebut.
Peserta didik yang telah mengikuti remidi dan nilainya melebihi KKM, nilai akhir yang ditulis sama dengan KKM yang dipersyaratkan (nilai remidi yang ditulis melebihi KKM yang dipersyaratkan harus dengan pertimbangan/persetujuan dari dewan guru).
Berikut ini tabel nilai ketuntasan belajar minimal yang menjadi target pencapaian kompetensi (TPK) SMP Negeri 1 Jogoroto :



Catatan:
KKM masing-masing mata pelajaran pada setiap tahun pelajaran dimungkinkan ada perubahan dengan menyesuaikan analisis yang dilakukan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Sumber : kurikulum smpn1jogoroto, dokumen 1

Artikel Terkait